Kamis, 26 Juli 2012

Pengembangan Ekonomi Wilayah


Berikut adalah definisi pengembangan ekonomi wilayah menurut beberapa ahli :
1.    Menurut Blakely(1994)
Pengembangan ekonomi wilayah adalah sebuah proses di mana pemerintah daerah atau organisasi berbasis masyarakat terlibat untuk merangsang atau mempertahankan kegiatan bisnis atau pekerjaan. Tujuan utama pembangunan ekonomi lokal adalah untuk merangsang kesempatan kerja di sektor-sektor yang meningkatkan masyarakat, menggunakan jasa manusia, alam dan kelembagaan sumber daya.
2.    Menurut Malecki(1991)
Pengembangan ekonomi wilayah adalah  kombinasi fitur kualitatif dan kuantitatif ekonomi suatu daerah, yang secara kualitatif atau struktur dari yang paling berarti. Atribut kualitatif termasuk jenis pekerjaan, tidak hanya jumlah dan jangka panjang serta karakteristik struktural, melainkan seperti kemampuan untuk membawa aktivitas ekonomi baru dan kapasitas untuk memaksimalkan manfaat yang masih ada dalam wilayah.

Dalam pengembangan ekonomi wilayah, juga dikenal istilah pembangunan ekonomi. Pembangunan ekonomi memiliki dua dimensi yaitu dimensi kuantitatif dan dimensi kualitatif. Dimensi kuantitatif, keuntungannya diukur melalui peningkatan kemakmuran dan tingkat pendapatan, ketersediaan dari barang dan jasa, peningkatan keamanan finansial, dan lain-lain. Sedangkan dimensi kualitatif menciptakan kesetaraan sosial, dengan menciptakan pembangunan berkelanjutan, dan menciptakan penyebaran (pemerataan) ketenagakerjaan dan menciptakan peningkatan kualitas kehidupan suatu wilayah.
Pembangunan ekonomi juga memiliki dimensi produk dan dimensi proses. Produk lebih menekankan kepada hasil. Sedangkan proses lebih memperhatikan kebijakan, strategi, maksud, serta sumberdaya yang digunakan untuk mencapai hasil, yang termasuk pengaturan institusional.
Jadi, pembangunan ekonomi wilayah berarti suatu aplikasi dari proses ekonomi dan penerimaan sumberdaya pada suatu wilayah yang menghasilkan pembangunan yang berkelanjutan, dan memacu hasil perekonomian pada suatu wilayah yang menghasilkan nilai serta pencapaian bisnis, penduduk, serta pendatang.      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar